Kamis, 31 Oktober 2013

biologi - gangguan pada sistem pencernaan manusia



BIOLOGI PINTAR

GANGGUAN PADA SISTEM PENCERNAAN MAKANAN MANUSIA
Berikut ini beberapa contoh gangguan pada system pencernaan manusia :
1.      GASTRITIS, yaitu radang yang akut atau kronis pada lapisan mukosa dinding lambung.
2.      HEPATITIS, yaitu radang pada hati akibat infeksi virus.
3.      DIARE, yaitu iritasi pada selaput dinding kolon akibat adanya bakteri disentri, diet yang jelek, zat-zat beracun, dan stress.
4.      SEMBELIT (konstipasi), yaitu gangguan yang disebabkan usus besar menyerap air secara berlebihan dari feses sehingga feses sulit keluar.
5.      APENDIKSITIS, yaitu peradangan dan pembengkakkan usus buntu.
6.      HEMOROID (wasir), yaitu pembengkakkan vena didaerah anus.
7.      PAROTITIS, yaitu radang parotis (gondongan) akibat infeksi virus rabula inflans.
8.      PENYAKIT BAWAAN, yaitu kelainan bentuk ataupun penyakit saluran pencernaan yang diwariskan oleh orang tua.
9.      KOLIK (kanker lambung), yaitu gangguan yang disebabkan makanan yang masuk terlalu banyak. Kanker ini lebih sering menyerang orang yang berusia lanjut dan ditandai dengan adanya darah pada tinja.
1    GANGGUAN SISTEM PENCERNAAN AKIBAT GANGGUAN EMOSIONAL. Misalnya, mulut menjadi kering, ludah mengental, dan nafsu makan menghilang karena takut.
1     PENYAKIT GIGI, seperti karies (gigi keropos), periodontal, infeksi Vincent, dan sariawan. PERIODENTAL adalah penyakit yang menyerang gusi dan tulang penyangga gusi. INFEKSI VINCENT adalah jenis penyakit periodontal yang menyerang mulut dan tenggorokan.
Untuk mengatasi berbagai macam kelainan dan gangguan pada system pencernaan, manusia telah mengembangkan berbagai jenis obat dan alat. Misalnya, teknik endoskopi untuk pengamatan gangguan pencernaan dan teknik pembuatan gigi palsu menggunakan teropong endoskop. Perkembangan baru pada kedokteran gigi antara lain pengembangan bahan nambal plastik dan penerapan teknik radioaktif.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar